Main Menu

Wednesday, November 8, 2017

Dua Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Pelelangan Proyek

Sebuah proyek konstruksi untuk mengawali proses pengerjaannya akan berlangsung tahap pelelangan yang dimaksudkan untuk menunjuk perusahaan kontraktor yang akan menjadi pelaksana proyek. Selain itu dalam tahap ini juga akan didapatkan sub kontraktor untuk menangani konstrksi di lapangan.

Dalam pelelangan terdapat hal – hal yang harus diperhatikan meliputi:

Pra-Kualifikasi
Umumya pada pelelangan suatu proyek akan dilakukan sejumlah prosesur untuk menyaring para kontraktorbangunan yang benar – benar sudah berpengalaman, berkompeten, dan mampu memegang komitmen sehingga layak menjadi pelaksana proyek. Tindakan ini dinamakan Pra-kualifikasi. Pada babak ini termasuk di dalamnya adalah pemeriksaan manajerial, sumber dana atau keuangan, integritas perusahaan, serta tak ketinggalan pengalaman kontraktor dalam menangani proyek serupa. Jika yang dilelang adalah proyek dari pemerintah maka sejumlah kontraktor yang sesuai dengan kriteria akan dicatat dalam DRM ( Daftar Rekanan Mampu).

Dokumen Kontrak

Pengertian dari dokumen kontrak adalah sebuah dokumen atau file legal yang berisi tanggung jawab dan tugas dari masing – masing pihak yang terlibat dalam proyek. Dokumen ini baru akan dibuat setelah terbentuk hubungan kerja sama antara dua pihak atau lebih.