Main Menu

Thursday, December 28, 2017

Pengertian Budaya Dan Unsur Pembentukan Budaya

Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang pengertian budaya dan pembentukan unsur budaya. Ok, langsung saja
Pengertian budaya ialah mengatur supaya manusia bisa mengerti bagaimana seharusnya bertindak, berbuat, dan menentukan sikapnya kalau mereka melakukan sosialisasi dengan orang lain. istilah budaya berasal dari bahasa sansekerta yakni “budhayyah”, budaya diartikan sebagai suatu yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Yang artinya ialah tentang kehidupan manusia itu sendiri.
Budaya adalah cara hidup yang bisa berkembang secara bersama dalam suatu kelompok masyarakat dan diwariskan dari generasi ke generasi. Dengan definisi ini dapat disimpulkan bahwa budaya adalah sesuatu yang sudah lama berkembang, budaya bisa merupakan tabiat atau kebiasaan, bahasa, cara bersosialisasi dan lain sebagainya.
Perlu di ingar bahwa syarat budaya ialah di wariskan secara turun menurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Menurut pengertian budaya, ada beberapa unsur pembentuk dari budaya, yaitu :
  •          Bahasa

Bahasa adalah cara seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain. bahasa pada suatu daerah dapat diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya, misalnya : bahasa sunda yang diturukan sejak lama.
  •           Sistem agama

Agama juga diwariskan sejak dulu, bukan hal yang aneh lagi jika agama masuk ke dalam unsur dalam pembentukan budaya.
  •           Bangunan


Seperti yang kita tahu bahwa di Indonesia ini ada banyak sekali bangunan yang berbeda-beda pada setiap daerah. Hal inilah yang membedakan budaya disuatu daerah dengan daerah yang lain.