Main Menu

Saturday, May 6, 2017

SEO vs SEM Antara Gratis dan Berbayar, Pilih Mana?

Terdapat berbagai macam cara untuk membelokan traffic penjelajah internet menuju satu situs tertentu diantaranya dengan SEO (Search Engin Optimization) dan SEM (Search Enginie Marketing). Kedua teknik itu mememiliki persamaan yaitu sama – sama berpatokan pada kata kunci tetapi sebenarnya ada perbadaan mendasar. SEM membutuhkan biaya sedangkan SEO tidak.
Dalam memutuskan teknik mana yang ingin dipilih sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu pengertian dari masing – masing teknik online marketing tersebut dan cari tahu juga kapan kita harus memilih SEO dan kapan harus membayar jasa SEM.
Pengertian SEO dan SEM
Memang sudah banyak artikel yang menjelaskan tentang arti dari SEO untuk kita temukan di internet. Namun saya tetap berfikir untuk menjelaskannya kembali disini agar bagi pengunjung blog yang sedang membaca posting ini namun sama sekali belum mengenal SEO tak perlu repot lagi mencarinya.
SEO adalah optimasi mesin pencari (ex: Google, Yahoo, Bing!) dengan mendesain, menulis, coding dengan XHTML dan pemrograman seluruh aspek website untuk memperoleh kesempatan bertengger di halam satu barisan atas pada halaman hasil pencarian dari keyword tertentu.
Tahukah anda (yang sering melakukan SEO) bahwa sesungguhnya SEO yang benar – benar murni adalah SEO onpage? Ya, pasalnya dalam mengeksekusi teknik SEO onpage hanya memaksimalkan penggunaan kata kunci, permainan judul halaman dan lain sebagainya.
Situs beroptimasi search engine onpage bisa ada di halaman satu karena memang ada banyak pengunjung yang datang setiap harinya. Jadi semakin tinggi peringkatnya maka semaikin melimpah juga jumlah pengunjungnya.
Dalam teknik ini ada banyak sekali trik yang dilancarkan pelakunya mulai dari trik yang terbukti berpengaruh besar, berpengaruh kecil, hingga tak memiliki pengaruh sama sekali.
Sekarang saatnya berbicara soal SEM. Search Engine Marketing merupakan skema promosi melalui internet dengan misi untuk memperkenalkan situs web di halaman SERPs. Untuk mendapat layanan SEM kita harus mengeluarkan uang sebagai onggkos menikatkan visibilitas situs.
Kira – kira seperti itulah pengertian dari kedua teknik pemasaran online yang sering digunakan oleh penyedia jasa seo Jakarta. Semoga bisa menambah pengetahuan anda.